Call Center: 0804-1-808-888 / Outside Indonesia: +622152905148

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk memulai bisnis yang berhubungan dengan internet Web hosting dan domain menjadi hal yang penting dan menjadi modal awal untuk menjalankan usaha.

Web hosting merupakan layanan penyimpanan data untuk website di internet. Layanan ini diperlukan untuk menyimpan semua data pendukung seperti foto-foto, aplikasi dan data lainnya yang bisa disimpan di dalam server.

Sementara itu, nama domain merupakan alamat website yang bisa diakses langsung oleh masyarakat melalui web browser. Alamat website tersebut memiliki domain .com, .co.id, dsb., yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan website.

Salah satu penyedia jasa web hosting dan nama domain adalah Qwords.com. Perusahaan tersebut digawangi Rendy Maulana Akbar sejak 2005.

Rendy mengungkapkan, untuk membuat sebuah website, konsumen bisa menyewa hosting dengan harga mulai Rp5.000-Rp1,87 juta per bulan, tergantung kapasitas penyimpanan data yang dibutuhkan.

Untuk paket dengan harga Rp5.000 per bulan, konsumen bisa mendapatkan kapasitas hosting sebesar 200 megabyte dengan minimal kontrak selama setahun.

Selain itu, Qwords juga menyediakan paket khusus e-commerce dengan harga Rp49.000 per bulan, atau Rp490.000 untuk kontrak selama setahun dengan kapasitas hosting 10 Gigabyte. Paket ini juga memberikan fasilitas nama domain .id gratis.

Sementara itu, harga nama domain juga variatif. Misalnya untuk domain internasional seperti .com, .net dan .info dibanderol dari kisaran Rp110.000-Rp2 juta per tahun. Sedangkan, domain Indonesia berakhiran .id dibanderol Rp62.000 hingga Rp585 juta per tahun.

“Dengan menggunakan layanan hosting dan domain, konsumen bisa dengan mudah membangun website yang diinginkannya. Proses pembuatan website juga bisa dilakukan sendiri karena telah dilengkapi aplikasi website builder,” katanya.

Sementara itu, proses untuk memesan hosting dan domain juga hanya membutuhkan tiga langkah mudah. Setelah mengetahui kebutuhan hostingnya, konsumen bisa mengakses Qwords.com dan memilih domain dan paket hosting.

Setelah itu, mulai memasukan data-data pribadi untuk verifikasi dan dilanjutkan dengan pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan. Lalu, akun segera diaktifkan setelah konsumen mengonfirmasi pembayaran.

“Setelah akun aktif, nama domain yang dipilih sudah bisa langsung di akses dari seluruh dunia. Rata-rata prosesnya cukup membutuhkan waktu dalam hitungan menit,” katanya.

Selanjutnya, konsumen bisa melakukan penyesuaian terhadap websitenya melalui aplikasi control panel yang sudah terintegrasi dengan layanan hosting. Melalui control panel tersebut, konsumen bisa dengan bebas mengatur dan membangun website sedemikian rupa.

Rendy mengatakan, website akan menjadi kebutuhan pokok bagi semua pelaku usaha yang bergerak secara online. Karena website berfungsi sebagai online presence yang lebih bonafide dibandingkan dengan akun media sosial.

“Jika hanya mengandalkan media sosial atau platform gratisan, tidak ada yang tahu kalau tiba-tiba akan ada perubahan kebijakan dan bisa merugikan para pengusaha online,” katanya.

Untuk itu, sebaiknya para pengusaha online sudah harus mulai memikirkan untuk membangun website. Mulai dari pembuatan halaman web untuk profil, dan secara bertahap mulai membangun e-commerce yang lebih canggih.

“Sekarang hosting harganya lebih murah dari biaya parkir di Jakarta, dan terjangkau oleh semua kalangan,” paparnya.

Hingga saat ini, Qwords sudah melayani lebih dari 25.000 pelanggan, di mana 85% berasal dari Indonesia, dan sisanya berasal dari luar negeri.