Call Center: 0804-1-808-888 / Outside Indonesia: +622152905148

TEMPO Interaktif, Bandung – Dari sekian banyak situs yang menawarkan penjualan barang lewat internet, peneliti dari Markplus, Hasanudin mengatakan hanya situs kaskus dan plasa.com yang mendominasi jual-beli online.

Sebagian besar transaksi yang ada di dua situs tersebut, menurut Hasanudin, nilainya masih di bawah Rp 1 juta. “Kalau kerugiannya sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu masih dianggap kecil,” katannya.

Buktinya, lanjut dia, sangat jarang ada transaksi online dengan nilai jutaan seperti pembelian barang elektronik karena masih rendahnya tingkat kepercayaan dan khawatir barang tidak sampai ketangan.

Meskipun tidak ada data berapa banyak situs yang berisi promosi barang dagangan di Indonesia, namun total jumlah domain yang teregister sekitar 200 hingga 220 ribu. Ini belum termasuk mereka yang mengganakan sub domain gratisan seperti blogspot, maupun pengguna e-marketplace. “Jumlahnya meningkat sekitar 25 persen dari tahun lalu yang hanya berkisar 160-180 ribu website,” kata seorang pakar IT dan Webhoster, Rendy Maulana Akbar.

Layanan untuk pembuatan situs online juga terus meningkat karena dapat memotong biaya promosi. “Ini menjadi kunci tingginya minat untuk membuat online store,” ujarnya.

Salah satu forum yang paling digemari para pembeli di situs kaskus, menurut Rendy, adalah forum jual beli. Kendati Kaskus tidak ‘berasaskan’ toko online, Rendy mengatakan, para pembeli dan penjual di forum itu merasa aman karena memakai layanan kaspay sebagai alat pembayaran yang dijamin keamananya oleh pengelola. Selain itu, ada layanan rekening bersama melalui orang yang dipercaya yang bisa meminimalkan adanya penipuan saat terjadinya pembelian barang.

Pola penjualan yang berbeda diterapkan pada plasa.com. Menurut Rendy, situs itu merupakan e-Marketplace alias pasar digital, yang didalamnya ada ratusan mungkin ribuan merchant yang tergabung dan menawarkan barang dagangannya. “Penjualan lewat jejaring sosial semisalnya facebook, amat cepat prosesnya tidak seperti membuat on-line store yang serius, dengan membangun sistem website dan penjualan, branding store,” ujar Enteurpreneur dan Konsultan Bisnis IT ini.

Padahal, faktor branding dan sistem di website menjadi kunci untuk menghindari penipuan di pasar era internet. Karena, jika tempat belanjanya sudah dipercaya dan melayani ratusan atau ribuan pembeli, maka sangat kecil kemungkinan pelangan ditipu.

Hal ini sangat erat kaitannya dengan membangun branding untuk online store dan meraih kepercayaan publik perlu waktu lebih dari satu tahun.”Rata-rata memerlukan waktu 2 sampai 3 tahun untuk sebuah on-line store stabil operasionalnya dan mendapatkan kepercayaan dari publik.” ujar CEO of GoldenFastNetwork, Startup Data Center & Network Provider.

Dalam penelitian Markplus di delapan kota besar di Indonesia, perkembangan penggunaan internet terus meningkat. Hampir satu dari tiga orang angggota keluarga sudah merasakan berselancar di internet. Selain itu, 9 dari 10 orang pengguna internet dipastikan memiliki akun jejaring sosial minimal facebook.”Penggunaan facebook di indonesia sangat tinggi, dan ini dijadikan ajang promosi produk.” ujar Hasanuddin.

ALWAN RIDHA RAMDANI

Sumber : Tempo Online

Web Hosting Indonesia

  • Qwords.com menyediakan layanan web hosting Indonesia dengan harga yang murah, mendukung php, mysql serta memberikan domain gratis. Qwords.com menggunakan control panel cPanel yang banyak dipergunakan oleh industri web hosting di dunia. Uptime yang kami miliki bergaransi 99.9 persen.
    Kami menyediakan layanan lain selain hosting indonesia, seperti cloud vps, dedicated server, colocation server, dan pendaftaran domain murah.

Hosting Murah indonesia

  • Qwords.com menyediakan layanan hosting murah indonesia, dan berkualitas baik. Kami memiliki data center sendiri, dan mempergunakan teknologi serta hardware terbaik yang didukung oleh tenaga ahli yang handal. Jaminan kepuasan maksimal yang kami berikan membuat pelanggan merasa nyaman menggunakan layanan hosting murah kami.
    Layanan Hosting Indonesia ini dilengkapi dengan web based hosting control panel cPanel dan diperkuat dengan server unggulan kami. Qwords.com web hosting Indonesia berusaha dengan pelayanan terbaik untuk menghadirkan layanan domain dan hosting murah di Indonesia.

Web hosting Murah Indonesia

  • Layanan Webhosting Murah di Indonesia bukanlah hanya simbol semata, kami lebih menawarkan layanan hosting yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, sesuai dengan jargon kami, reliable fast web hosting with reasonable price. Sebagai Provider Hosting Bandung yang telah berkomitmen menyediakan layanan hosting yang cepat dan stabil, Qwords.com juga berkomitmen menjadi Provider Hosting Jakarta dengan membuat data center di Jakarta Indonesia. Dan akan memberikan pelayanan yang lebih baik daripada Provider Hosting Jogja atau provider hosting surabaya.

Hosting PHP MySQL

  • Kami mempergunakan PHP versi terbaru yang kami selalu kami perbaharui pada server kami untuk menjaga keamanan dan kehandalannya. Seluruh server kami telah menjalankan versi PHP 5.3 yang terbaru. System database yang kami pergunakan adalah MYSQL dan mendukung tipe database MYISAM yang lebih berkualitas.

Fitur hosting yang lengkap

  • Daily Backup atau backup harian menjadi keunggulan dari layanan kami, selain juga kami memberikan lebih dari 270 program website siap pakai dengan softaculoud autoinstaller, dimana anda dapat menginstall cms seperti joomla atau wordpress dengan mudah. Kemudahan menggunakan layanan Qwords.com juga diperoleh dengan mempergunakan control panel cPanel yang memiliki tools lengkap seperti pembuatan email, layanan webmail atau email berbasiskan web, yang dapat dipadukan juga dengan google apps, atau push email seperti blackberry, iphone, android, juga windows mobile.

Domain Murah

  • Qwords.com melayani pendaftaran nama domain dengan harga yang murah agar anda dapat lebih mudah memiliki nama domain sendiri. Anda dapat mendaftar domain com net org, atau domain Indonesia seperti domain perusahaan .co.id atau domain personal .web.id atau domain organisasi .or.id
    Pastikan Anda hanya membeli domain dari Qwords.com yang terpercaya selama lebih dari 7 tahun menangani lebih dari 7000 pelanggan. Jangan pertaruhkan domain pilihan Anda pada provider yang lain terlebih dengan provider yang tidak memiliki perusahaan yang jelas.

Provider Hosting Terpercaya

  • Qwords.com berada dibawah PT Qwords Company International, sebuah perusahaan multinasional yang bermula dari Bandung, kini telah memiliki cabang di Jakarta, Singapura, dan tahapan kedepannya kami juga akan mengembangkan sayap ke negara lain seperti Malaysia dan Jepang. Selain juga memperluas sayap kami di lokal Indonesia seperti di Jogjakarta (Yogyakarta) dan Surabaya, untuk melayani pelanggan kami dari kota tersebut dengan lebih baik lagi.

Memiliki dan mengelola Data Center di Jakarta - Indonesia

  • Data center adalah tempat untuk meletakkan data web hosting anda, kami memiliki data center sendiri yang terletak di Gedung Cyber 1 Lantai 3 Jakarta, satu lokasi dengan kantor kami, dan disanalah tempat kami meletakkan server hosting Indonesia. Selain itu juga kami memiliki server hosting berlokasi di Amerika (USA) dan juga di Singapura.

Lokasi Kantor yang Mudah dijangkau

  • Lokasi kantor Qwords.com Web Hosting cukup mudah dijangkau. Qwords.com memiliki kantor di Bandung dan di Jakarta. Lokasi Kantor Qwords.com di Bandung adalah di Graha Pos Indonesia Lantai 6 C, Jl.Banda no.30, Bandung 40115 - Indonesia. Dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan Umum angkutan kota (Angkot) Ledeng - Margahayu, maupun menggunakan Angkot Jurusan Dago ataupun menggunakan taksi, sepeda motor, dan kendaraan pribadi. Tempat parkir kantor kami cukup luas, dan mampu menampung 4 Mobil serta 15 sepeda motor sekaligus. Sedangkan lokasi kantor kami di Jakarta adalah di Gedung Cyber 1 Lantai 3, Jl.Kuningan Barat no.8, Jakarta Selatan 12710 - Indonesia. Dapat dijangkau dengan mudah menggunakan Busway koridor Grogol - Cawang, atau menggunakan Kopaja yang melintasi kawasan Tendean / Mampang, Dekat sekali dengan pusat perbelanjaan Carrefour Tendean atau Mampang Prapatan.